Kamis, 26 Maret 2009

AGAMA DAN MITOS

Adakalanya hanya bertuhan namun tidak mengetahui kenapa harus bertuhan dan hanya memaknai tuhan yang pokoknya ya bertuhan. Dalam hal ini, jika agama ya pokoknya dan tidak ada tangung jawab yang lebih rasional itu sama saja menganggap tuhan sebagai mitos belaka. Yang pertama kita akan bahas kenapa kita harus bertuhan, dan katanya para tokoh-tokoh agama mengatakan ''kita harus beragama (percaya Tuhan)''. kita sebagai orang beragama dan tidak ingin pusing dengan hal atau pernyataan seperti itu. namun, sadarkah kita, bisakah kita mempertanggungjawabkan kebertuhanan kita ? kalau saya beranggapan kita harus bertuhan adalah sebuah konsekuensi. mari kita cari mana tuhan kita !

Pandangan saya, dengan melihat alam sekitar dan fenomena, dengan kausalitas. Misal, kita sadar kita lahir ini karena orang adanya orang tua, namun setelah kita runut sampai ujung awal manusia, apakah manusia ada dengan sendirinya. Nah, disitu ada penyebab awal yaitu Kausa Prima. dan konsekuensinya adalah ya, kita harus bertuhan untuk tempat bergantung.

Nah ini sedikit bisa kita pertanggung jawabkan, namun bukan hanya dengan cara itu saja, masih banyak penegasan-penegasan keharusan kita bertuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar